Cantik dan Sehat di Bulan Ramadhan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh😍

Hai hai hai sahabat fillah blogger bengkel diri yang disayangi Allah, Alhamdulillah kita kembali bersua disini😊
Teriring do’a yang tulus, semoga sahabat fillah beserta keluarga selalu dalam kebaikan dan lindungan Allah, Aamiin Ya Rabbana...
Tanpa terasa waktu yang berlalu membawa kita semakin menjauh dari Ramadhan, semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik ya, Aamiin Ya Rabbana...

Nah, setelah dua tugas berlalu dalam Ramadhan ini, sekarang kita akan coba sedikit mengupas yang cantik-cantik. Karena momen kita lagi Ramadhan, maka Mbak PiJe meminta kita para bidadari-bidadari yang Insya Allah dirindukan surga (Aamiin Ya Mujib) untuk membuat tulisan dengan tema “ Cantik Sehat di Bulan Ramadhan”
Eits, kalau bicara masalah cantik, jangan langsung fokus pada wajah, rambut, tangan, kaki aja dong yaaa karena ada yang lebih penting kita percantik. Kira-kira apa ya? Yup benar sekali, yang paling penting untuk kita percantik adalah akhlak kita sob. Lisan dan tingkah laku akan mencerminkan kepribadian kita karena cantik didalam, cantik diluar (semacam iklan entah produk apa hehe, maafkan).

Biar kita merasa cantik, kita harus bahagia dulu dong, kalo dengan muka menggerutu, jangankan untuk disenyumin, untuk melihat dari kejauhan aja yang lain pada melipir. Ssst, untuk merasa bahagia, kita bisa memulainya dengan bertaqwa (taqwa saat sendiri), bersyukur dan ridho dengan yang Allah beri karena kitalah makhluk yang paling sempurna. Dalam bahasan cantik sehat kali ini, kita sesuaikan dengan kondisi Ramadhan dan WFH ya temans. Rahasia besar yang harus kita pahami dulu adalah manfaat dan hikmah berpuasa.

Faedah dan hikmah puasa

Puasa adalah cara termudah untuk menggapai ketaqwaan kepada Allah karena puasa punya pengaruh kuat dalam menjaga anggota badan secara lahir dan menguatkan batin. Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 183 “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa"

Puasa adalah penghalang dari siksa neraka “Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim” (HR Bukhari dan Muslim) dan “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa neraka” (HR. Ahmad)

Beribadah kepada Allah dengan meninggalkan berbagai syahwat dan hal-hal yang disukai sementara waktu. Ini untuk membuktikan bagaimanakah besarnya kecintaan seorang hamba kepada Allah ataukah tidak. Allah mengingatkan agar kita tidak menuruti hawa nafsu seperti yang pernah diperingatkan kepada Nabi Daud. Hal ini dapat kita lihat dalam QS Shaad ayat 26 “Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu Khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapatkan adzab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan” disebutkan pula dalam Suroh lainnya disebutkan pada QS Asy-Syura ayat 15 “Maka karena itu serulah (mereka kepada agama ini) dan tetaplah sebagai mana diperintahkan kepadamu dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka” Walau memang nafsu sudah pasti ada pada diri manusia untuk dapat mempertahankan hidupnya, seperti nafsu untuk makan dan lainnya.

Puasa akan melatih jiwa untuk bersabar. Seperti disebutkan dalam QS Az-Zumar ayat 10 “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. Sabar itu ada tiga, yaitu sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sabar dalam meninggalkan yang haram, sabar dalam menghadapi takdir yang terasa menyakitkan.

Puasa membuat sehat, seperti dapat menurunkan berat badan, mengurangi resiko stroke, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi resiko terkena diabetes. Ini bonus dari Allah karena telah berpuasa. Berpuasalah dengan niat yang ikhlas karena Allah bukan karena ingin sehat semata. Seperti yang disebutkan dalam QS Asy-Syura ayat 20 “Barang  siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat” 
Sehat dari dalamnya Insya Allah udah dapat dengan berpuasa ya, agar cantik dan sehat selama Ramadhan dari luar dalam kondisi WFH ini, yang bisa kita lakukan adalah:

Sering-seringlah berwudhu 
Seperti dianjurkannya untuk sering cuci tangan pada masa ini, sering berwudhu juga akan sangat membantu membuat kita terlihat segar dan bercahaya tanpa perlu diberi pencahayaan hehehe

Rajin Mandi
Jangan mentang-mentang karena WFH ataupun mumpung puasa, terus malas-malasan sampe adzan dhuhur berkumandang, baru deh beranjak mandi. Kebayang kan, keringat dari abis tarawih sampe bocan terus saat pasukan enzim membakar makan sahur yang kita lahap baru disiram saat tengah hari. Jadi, mandilah sebelum subuh itu tetap utama yaaa, jangan sampai semua menjauh karena takut wanginya tercemar dengan bau keringat kita. Selain biar segar, mandi itu ikut menyegarkan fikiran loh, biar gak butek ingat bosannya ngantor dari kamar masing-masing.

Setelah mandi, ganti baju dong ya, jangan jadikan alasan banyak cucian numpuk terus malas ganti baju padahal udah mandi. Wanginya jadi hilang lagi dong ketimpa keringat basiπŸ˜ƒπŸ˜…kalau memang males tingkat tinggi level empat untuk nyuci, kucek aja dikit pake detergent, bilas, jemur, abis itu boleh deh dipake lagi abis mandi sore kalo memang ngefans banget ama itu baju hehe.  

Jangan Lupa Sikat Gigi
Meskipun aroma mulut kita itu seperti kesturi saat berpuasa, janganlah lupa menggosok gigi meskipun yang ditemui rekan kerja dibalik layar, tetap saja keluarga kita tidak berada dibalik gorden. Buatlah sekitaran nyaman berada didekat kita.

Rajin Keramas
Minimal dua hari sekali, keramaslah. Meski pun kita ga jilbaban dan ga pernah keluar rumah (lagi) bukan berarti kepala kita bebas dari bau keringat. Biar rambutnya fresh dan sehat, ga ada salahnya kita pakai condotioner yang cocok buat kulit kepala dan rambut. Setelah keramas biasanya rambut langsung di keringin dengan terburu-buru karena akan berangkat kerja, kali ini habis keramas bisa ga ngeringin rambut dengan terburu-buru karena hanya akan dirumah aja, bisa pake tonic juga (kalo ada) biar rambutnya kuat dan makin lebat hehe jangan mentang-mentang dirumah saja kita ga keramas, ga sisiran. Buatlah nyaman mata keluarga memandang kepala kita. Paling gak, meskipun belum nikah keliatan dong kita bisa ngurus diri sendiri (semakin lama dirumah, dengan orang yang ditemuin itu-itu aja, kan makin keliatan tuh kita gak berantakan) berantakannya karena buru-buru telat kerja aja hahaha ngeles 
kalau ujung-ujung rambutnya terlihat bercabang, memerah, menguning dan kering, bisa potong sendiri kok dirumah, ga perlu keluar rumah mengunjungi salon. Atau bisa juga salon-salonan sama keluarga dirumah biar makin romantisπŸ˜ƒ

Rutin gunting kuku
Kita dah tahu kan kalo dibalik kuku-kuku yang panjang ada penghuninya? hihi jangan saingan deh ama si pusya (nama kucing dirumah kami). Serem kan kalo kuku-kuku panjang gitu, kalau emang suka pake kuku-kukuan yang warna-warni sih beda yaa. Intinya dari tanganpun kita kelihatan bersihlah

Minum air putih
Tubuh kita terdiri atas 80% cairan, bila cairan ini berkurang maka tubuh kita akan dehidrasi. Untuk menjaga agar stamina tetap terjaga minum air putih yang cukup dapat membantu menghindarkan kita dari dehidrasi. Kebutuhan air yang diperlukan tubuh saat tidak berpuasa dan saat berpuasa tetap sama, tubuh kita memerlukan minimal 8 gelas air setiap harinya. Untuk memenuhi kebutan air putih saat berpuasa dapat disiasati dengan minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam sampai menjelang tidur dan dua gelas saat sahur.
Sebaiknya saat berbuka juga dengan air putih, bukan dengan es koteng, es campur, es teh manis, dan es es lainnya. kalau mau yang manis-manis bisa dengan kurma aja. Demikian juga saat sahur, sebaiknya hindari mengkonsumsi teh manis karena kafeinnya.  

Istirahat/Tidur yang cukup
Kita memang sedang mengejar target tilawah kita untuk bisa khatam lebih dari 1 kali. Hal ini tentu saja membutuhkan stamina yang bagus agar kita tidak mudah lelah. Jadi tidurlah secukupnya, bila mata telah lelah istirahatlah sejenak, pandang yang hijau-hijau biar penglihatan fresh😍kemudian lanjutkan kembali jika sudah merasa lebih baik. Tidak tidur terlalu larut agar bisa terjaga lebih awal hingga bisa sholat dan tilawah sebelum makan sahur.

Jangan lupa makan sahur
Sahur merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan saat berpuasa. Sahur dapat membuat kita cukup kuat melaksanakan puasa. Rasulullah menganjurkan untuk melaksanakan sahur, seperti yang diriwayatkan dari Anas bin Malik “Sahurlah kalian semua, sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan” (HR Bukhari). Dalam hadist lainnya, “Makan sahur seluruhnya berkah, janganlah kalian meninggalkannya meskipun hanya minum seteguk air, karena Allah dan para malaikat-Nya bersalawat kepada orang yang bersahur” (HR.Ahmad)
Pada hadist lainnya dari Abu Dzar, Rasulullah bersabda “Tidak akan hilang sifat kebaikan pada diri manusia, selama ia mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa” (HR. Ahmad). Hikmah dari seruan ini tentu saja untuk mempersingkat rasa lapar dan haus, Masya Allah.
Makan dengan gizi seimbang, perbanyak buah dan sayuran, hindari gorengan dan gorengan  

Lakukan olahraga ringan
Jika tidak kuat dengan olahraga seperti saat tidak berpuasa, maka saat berpuasa dapat disiasati dengan olah raga ringan, seperti melakukan gerakan- gerakan senam sederhana yang membuat tubuh aktif bergerak bukan bermalas-malasan dengan memperbanyak tiduran atau nongkrong di depan kotak ajaib hehe.


Masih banyak hal lain sih yang dapat dilakukan saat berpuasa, tapi menurut saya, hal ini cukup deh πŸ˜ƒ

Komentar

  1. Masya Allah.... Lengkap banget Mba bahasanya 😊

    BalasHapus
  2. Mandi tuh lagi masa2 WFH gini jadi hal yg sedikit terlupakan ya hehehe

    BalasHapus
  3. Baik lah aku yang rajin Mandi dan keramas, setuju dengan postingan ini😁

    BalasHapus
  4. Baik lah aku yang rajin Mandi dan keramas, setuju dengan postingan ini😁

    BalasHapus
  5. kapanpun waktunya...cantik sehat itu, ga jauh2 dari menjaga pola hidup ya mba
    Nice sharing mba😊

    BalasHapus
  6. Siyaaap...
    Thanx for sharing mbaa

    BalasHapus
  7. Iya kadang harus maksain badan buat jalan ke kamar mandi sekedae gosok gigi πŸ˜†

    BalasHapus
  8. Gosok gigi, wajib sehabis sahur & berbuka 😊

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah klo sejauh ini makan sahur ga kelupaan mba, heheheh

    BalasHapus
  10. Terass sepele tapi semua hal sederhana itu penting sekali yaa mba.

    BalasHapus
  11. Karena masih praktik..Dan masih keluar rumah (Karena kewajiban) Mandi justru Makin rejin..heheh..tiap keluar rumah..langsung mandi

    BalasHapus
  12. nah iya yg sering kelamaan ga dilakuin karena kelupaan: keramas πŸ˜‚

    BalasHapus
  13. Rutinitas sehari-hari ya sebenarnya ini, tapi kalau lg WFH atau weekend apalagi bulan ramadhaan, duhh suka kacau berantakan rutinitasnyaaa. Makasih sharingnya mbakkkπŸ’•

    BalasHapus
  14. setujuuu mesti bahagia dulu! kalau gak bahagia, pikirannya stress mulu, yang ada imun menurun dan aura nya jadi negatif muluu gitu :(

    BalasHapus
  15. Betul dirumah terus kadang jadi males-malesan buat ngerawat diri karena ngerasa (yaudah dirumah ini). Makasih atas sharingnya mba :)

    BalasHapus
  16. Nah, minum air putih ini masih jadi PR saya. Kalau minum air putih harus hangat. Jadi, kadang suka bawa termos kecil ke mana-mana. Tapi selama pandemi, Alhamdulilah jadi lebih rutin. Pas puasa, jadi agak berkurang, sih. Tapi semoga cukup. Btw, nice tips

    BalasHapus
  17. Lengkap banget bahasannya mba. Cantik hati dan fisik 😊

    BalasHapus
  18. Lengkap banget pembahasannya mba. Cantik hati dan fisik 😊

    BalasHapus
  19. MasyaAllah.. Mandi sebelum subuh yang masih harus saya perjuangkan rasanya nih.. Bismillah, semoga bisa segera dirutinkan..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yang Tertinggal Bukan Pemenang

Penghambat Kebahagiaan

Kenangan Dalam Lembaran Kertas